Senin, 19 Oktober 2015

TUGAS BAHASA INDONESIA - KESATUAN PARAGRAF



TUGAS BAHASA INDONESIA
NAMA                       :           DIANTY SIALLAGAN
NPM                           :           E1I014026
PRODI                       :           ILMU KELAUTAN
FAKULTAS              :           PERTANIAN
DOSEN                      :           Drs. BAMBANG DJUNAIDI, M.Hum

            (1) Karakter morfologi telah lama digunakan dalam biologi perikanan untuk  mengukur jarak dan hubungan kekerabatan dalam pengkategorian variasi dalam  taksonomi. (2) Hal ini juga banyak membantu dalam menyediakan informasi untuk pendugaan stok ikan. (3) Meskipun demikian, pembatas utama dari karakter morfologi dalam tingkat ras adalah variasi fenotip yang tidak selalu tepat dibawah kontrol genetik tetapi dipengaruhi oleh perubahan lingkungan. (4) Pembentukan fenotip pada ikan memungkinkan ikan merespon secara adaptif perubahan dari lingkungan melalui modifikasi fisiologi. (5) Lingkungan mempengaruhi variasi fenotip, walau bagaimanapun karakter morfologi telah dapat memberikan manfaat dalam identifikasi stok khususnya dalam suatu populasi yang besar.
Penjelasan : pada kalimat (1) dijelaskan mengenai kegunaan dari karakter morfologi ikan. Pada kalimat (2) kalimat penjelas/pendukung kalimat (1) tersebut, yaitu menambah penjelasan lagi mengenai kegunaan dari karakter morfologi ikan. Pada kalimat (3) menjelaskan pembatas dari karakter morfologi, yaitu dipengaruhi oleh perubahan lingkungan. Pada kalimat (4) menjelaskan tentang pembentukan fenotip merespon perubahan lingkungan. Pada kalimat (5) menjelaskan tentang manfaat karakter morfologi walau dipengaruhi lingkungan terhadap variasi fenotip. Dari kalimat (1) sampai (5) saling berhubungan. Berarti paragraf ini memiliki kesatuan paragraf.

            (1) Kajian morfologi pada ikan meliputi studi morfometrik dan meristik. (2) Morfometrik adalah ciri yang berkaitan dengan ukuran tubuh atau bagian tubuh ikan, misalnya panjang total dan panjang baku. (3) Ukuran ini merupakan salah satu hal yang dapat digunakan sebagai ciri taksonomik saat mengidentifikasi ikan. (4) Hasil pengukuran dinyatakan dalam satuan milimeter atau centimeter dan ukuran yang dihasilkan disebut ukuran mutlak. (5) Adapun meristik adalah ciri yang berkaitan dengan jumlah bagian tubuh dari ikan, misalnya jumlah sisik pada garis rusuk serta jumlah jari-jari keras dan lemah pada sirip punggung. (6) Data yang dihasilkan dari ciri morfometrik bersifat kontinius/berkelanjutan data untuk selanjutnya diolah dan dianalisa melalui pendekatan statistik, sedangkan data yang dihasilkan dari ciri meristik bersifat discrete data.
Penjelasan : pada kalimat (1) dijelaskan mengenai kajian morfologi meliputi morfometrik dan meristik. Pada kalimat (2) menjelaskan terlebih dulu tentang morfometrik. Pada kalimat (3) masih lanjutan penjelasan dari kalimat (2) mengenai studi morfometrik. Pada kalimat (4) masih lanjutan penjelasan dari kalimat (3) mengenai studi morfometrik. Pada kalimat (5) menjelaskan kajian morfologi yang kedua, yaitu studi meristik. Pada kalimat (6) menjelasakan hasil data dari studi morfometrik dan studi meristik. Dari kalimat (1) sampai (6) saling berhubungan. Berarti paragraf ini memiliki kesatuan paragraf.

            (1) Studi morfometrik secara kuantitatif memiliki tiga manfaat, yaitu: membedakan jenis kelamin dan spesies; mendeskripsikan pola-pola keragaman morfologis antar populasi atau spesies; serta mengklasifikasikan dan menduga hubungan filogenik. (2) Karakter morfometrik juga dapat digunakan untuk membedakan antara satu jenis ikan dengan jenis ikan lainnya diantara spesies yang sama dari geografis atau tempat yang berbeda dan antar varietas ikan.
Penjelasan : pada kalimat (1) dijelaskan mengenai manfaat dari studi morfometrik. Pada kalimat (2) menambah penjelasan dari kalimat (1) mengenai manfaat dari studi morfometrik tersebut. Dari kalimat (1) sampai (2) saling berhubungan. Berarti paragraf ini memiliki kesatuan paragraf.

            (1) Untuk menghindari kepunahan dan mengembalikan keberadaan jenis-jenis ikan yang hampir punah perlu dilakukan upaya pelestarian sumberdaya ikan, antara lain dengan cara melakukan domestikasi. (2) Akan tetapi, sebelum melakukan domestikasi perlu dilakukan beberapa kajian, seperti kajian morfometrik dan meristik. (3) Karena informasi mengenal biologi, ekologi dan pengembangbiakan dalam upaya domestikasi perlu diungkap.
Penjelasan : pada kalimat (1) dijelaskan mengenai upaya pelestarian sumberdaya ikan yang hampir punah dengan cara domestika. Pada kalimat (2) penjelasan dari kalimat (1) mengenai domestika, yaitu kajian yang perlu dilakukan sebelum melakukan domestika. Pada kalimat (3) penjelasan dari kalimat (2) mengenai informasi kajian morfometrik dan meristik yang perlu dilakukan tersebut. Dari kalimat (1) sampai (3) saling berhubungan. Berarti paragraf ini memiliki kesatuan paragraf.

            (1) Menambah keanekaragaman jenis ikan pada suatu perairan yang bukan berasal dari habitat perairan tersebut mungkin dapat menjadikan ikan-ikan spesies baru tersebut sebagai kompetitor atau bahkan predator yang serius bagi ikan-ikan endemik di suatu perairan. (2) Apalagi jika ikan-ikan spesies baru yang dimasukkan memiliki daya tumbuh kembang yang sangat cepat. (3) Hal ini sangat memungkinkan dapat menjadi ancaman serius bagi ikan-ikan endemik yang mungkin saja memiliki daya tumbuh kembang yang jauh lebih rendah dibandingkan ikan-ikan spesies baru yang dimasukkan pada perairan tersebut.
Penjelasan : pada kalimat (1) dijelaskan mengenai penambahan ikan-ikan spesies baru ke  suatu perairan. Pada kalimat (2) menjelaskan kalimat (1) mengenai pertumbuhan pesat ikan-ikan spesies baru tersebut. Pada kalimat (3) menjelaskan kalimat (2) mengenai ancaman karena perbedaan tumbuh pesatnya ikan-ikan endemik dengan ikan-ikan spesies baru tersebut. Dari kalimat (1) sampai (3) saling berhubungan. Berarti paragraf ini memiliki kesatuan paragraf.

            (1) Saat ini salah satu sungai yang mengalami penurunan (degradasi) jumlah tangkapan ikan di Provinsi Lampung adalah Sungai Tulang Bawang. (2) Sungai Tulang Bawang adalah sungai terlebar di Provinsi Lampung yang memiliki lebar ± 200 m dengan luas Daerah Aliran Sungai (DAS) mencapai 1285 km2. (3) Sungai Tulang Bawang memiliki keragaman spesies ikan yang sangat banyak. (4) Salah satu jenis ikan yang terdapat hampir diseluruh DAS Tulang Bawang adalah ikan tembakang (Helostoma temmincki). (5)  Berdasarkan hasil wawancara dengan para nelayan dan beberapa pedagang ikan di pasar tradisional diperoleh informasi bahwa jumlah tangkapan dan ukuran ikan tembakang semakin menurun.
Penjelasan : pada kalimat (1) dijelaskan mengenai sungai yang jumlah penangkapan ikannya menurun, yaitu Sungai Tulang Bawang. Pada kalimat (2) penjelasan dari kalimat (2) mengenai bagaimana ciri-ciri dari Sungai Tulang Bawang tersebut. Pada kalimat (3) menjelaskan kalimat (2) mengenai keberagaman spesies di Sungai Tulang Bawang. Pada kalimat (4) menjelaskan kalimat (3) mengenai ikan yang hampir punah di Sungai Tulang Bawang tersebut, yaitu ikan Tembakang. Pada kalimat (5) menjelaskan kalimat (4) mengenai turunnya jumlah tangkapan dan ukuran ikan Tembakang tersebut. Dari kalimat (1) sampai (5) saling berhubungan. Berarti paragraf ini memiliki kesatuan paragraf.

            (1) Untuk melakukan pelestarian ikan tembakang dapat dilakukan dengan beberapa cara. (2) Salah satunya adalah dengan menggunakan metode domestikasi yang didahului dengan kajian morfometrik dan meristik. (3) Hal ini dilakukan karena informasi biologi, ekologi, dan pengembangbiakan ikan tembakang belum banyak diketahui sehingga perlu dilakukan penelitian ini.
Penjelasan : pada kalimat (1) dijelaskan mengenai cara untuk pelestarian ikan Tembakang. Pada kalimat (2) menjelaskan kalimat (1) mengenai cara yang dilakukan untuk pelestarian ikan Tembakang, yaitu dengan kajian morfometrik dan meristik. Pada kalimat (3) menjelaskan kalimat (2) mengenai pentingnya kajian morfometrik dan meristik untuk pelestarian ikan Tembakang. Dari kalimat (1) sampai (5) saling berhubungan. Berarti paragraf ini memiliki kesatuan paragraf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar