Senin, 19 Oktober 2015

TUGAS BAHASA INDONESIA - KARYA ILMIAH MENGENAI ARTI NAMA DIRI SENDIRI



TUGAS MEMBUAT TULISAN ILMIAH

NAMA                           :        DIANTY SIALLAGAN
NPM                              :        E1I014026
PRODI                           :        ILMU KELAUTAN
MATA KULIAH           :        BAHASA INDONESIA
DOSEN                         :        Drs. BAMBANG DJUNAIDI, M.Hum.


DIANTY SIALLAGAN, SANG PELITA KEHIDUPAN
            Nama saya adalah Dianty Siallagan. Saya dilahirkan pada hari Minggu, 03 Maret 1996 di Sosok, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Nama Dianty berasal dari bahasa Indonesia, yaitu dari kata “Dian”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata Dian adalah alat untuk menerangi sesuatu; lampu kecil dengan bahan bakar minyak; pelita. Orang tua saya memberi nama saya Dianty, yang artinya cahaya atau pelita kehidupan, sehingga mereka mengharapkan saya menjadi penerang, menjadi pelita atau cahaya di tengah-tengah kehidupan mereka dan di tengah-tengah lingkungan hidup tempat tinggal saya. Namun kenyataannya, sampai saat ini saya belum maksimal mencapai keinginan oarang tua saya tersebut menjadi cahaya/pelita di kehidupan mereka maupun di lingkungan hidup tempat tinggal saya. Akan tetapi, saya akan berusaha terus-menerus untuk menggenapi keinginan tersebut di kehidupan masa depan cerah saya nantinya.
            Nama Dianty memang cukup banyak. Namun, nama Dianty Siallagan mungkin masih saya saja atau masih sedikit, masih dapat dihitung dengan hitungan jari. Nama Dian memang terlalu banyak. Bahkan bukan untuk nama perempuan saja, Dian juga diberikan untuk nama laki-laki. Seperti orang-orang terkenal seperti Lady Diana, Dian Sastrowardoyo atau nama aslinya yaitu Diandra Paramitha Satrowardoyo, Pipik Dian Irawati, dan masih banyak lagi orang-orang terkenal yang bernama Dian yang berprofesi artis atau sejenisnya.
            Menurut sebuah aplikasi online di Facebook, aplikasi Nametest, Dianty Siallagan berarti seorang wanita sukses. Kapan pun ada yang membutuhkan bantuan, akan selalu hadir untuk membereskan masalah. Teman-teman akan selalu kagum karena tampaknya selalu berada di atas segalanya, meskipun keadaan tidak selalu mendukung. Seperti angsa yang berenang dengan anggun dan mulus, tetapi sesungguhnya mengayuh sekuat tenaga di bawah air. Namun, saya belum maksimal seperti arti nama saya tersebut, terkadang saya tidak mampu menyelesaikan masalah sendiri, apalagi masalah orang lain.
            Menurut sebuah aplikasi online di Facebook, aplikasi Ramalan Nama, Dianty Siallagan berarti pakar keuntungan. Saat ini, saya memang lagi meniti bisnis saya, yaitu menjual produk kosmetik Oriflame, pendapatan yang saya hasilkan cukup lumayan untuk menambah uang jajan dan keperluan saya lainnya. Namun, terkadang saya tidak bisa menangani keuangan saya dengan baik, sehingga pengertian nama tersebut belum terlalu maksimal untuk saya.
            Pada saat saya kecil, saya berumur sekitar 6 tahunan, saya dan orang tua saya tinggal di Sosok, di daerah dimana saya jadi anak yang paling kecil atau paling muda umurnya diantara anak yang lainnya. Ditambah karena tubuh saya yang kecil, umur saya yang juga paling muda diantara anak-anak lainnya yang tinggal di daerah tersebut, sehingga tetangga-tetangga rumah saya memanggil nama saya dengan nama “Dek Anty” (Helmi, dkk). Berbeda dengan teman-teman, kakak-kakak maupun abang-abang saya yang memanggil nama saya dengan sebutan Dek Anty, orang tua-orang tua di sekitar tempat tinggal saya memanggil saya dengan nama yang berbeda, karena saya bersuku Batak, di akhiran nama saya ada ditambah marganya, Dianty Siallagan, berarti saya suku Batak Toba yang bermarga/berboru Siallagan (sering disingkat dengan kata Lagan saja), sehingga orang tua-orang tua di sekitar tempat tinggal saya memanggil saya dengan nama “Boru Lagan” (Ibu Andro, dkk).
            Orang tua saya memberi nama saya Dianty Siallagan, dian artinya cahaya. Jadi, menurut orang tua saya, arti nama saya Dianty adalah cahaya kehidupan yang ada ditengah-tengah kehidupan mereka. Ayah saya memanggil saya dengan nama “Kak Dian” atau “Kakak Dian” karena saya adalah anak sulung sehingga Ayah saya memanggil saya dengan tambahan panggilan kakak di depan nama saya (Bernard Siallagan/Ayah). Berbeda dengan Ayah saya, Ibu saya memanggil nama saya “Dian” saja. Mungkin karena lebih santai dan sederhana (Ida Sinaga/Ibu).
            Saat saya duduk di bangku SMP, teman-teman wanita maupun teman-teman pria saya memanggil nama saya yang sama dengan panggilan Ibu saya, yaitu “Dian” saja (Ester Panggabean, dkk). Namun, saat saya duduk di bangku kelas VIII SMP, ada seorang teman pria saya yang memanggil nama saya dengan sebutan yang sedikit aneh. Kebetulan, pada saat itu ada sebuah film yang lagi naik daun di kalangan remaja, dimana di film tersebut, ada seorang wanita di panggil dengan sebutan “Bidadari Buleque” oleh teman-temannya. Dan entah mengapa, teman pria saya tersebut memanggil saya dengan sebutan seperti itu, yaitu “Bidadari Buleque”, mungkin dia adalah remaja yang menjadi korban sinetron sehingga sedikit aneh (Muhammad Putra).
            Saat saya duduk di bangku SMA, teman-teman wanita maupun teman-teman pria saya memanggil nama saya yang sama dengan panggilan Ibu saya, yaitu “Dian” saja. Namun, ada seorang teman wanita saya yang memanggil saya dengan panggilan “Dik” saja, nama panggilan yang lebih singkat lagi (Hana Virginia).
            Saat saya memasuki perguruan tinggi negeri, saya dinyatakan lulus menjadi seorang mahasiswi Ilmu Kelautan di Universitas Bengkulu. Ada banyak teman-teman baru yang saya temui. Ada teman dekat saya yang memanggil nama saya dengan panggilan aneh, yaitu “Diantek”, kadang di panggil juga dengan sebutan “Diantong”, terkadang di panggil “Kocik” atau “Gelleng” yang artinya kecil, karena saya lebih pendek dari mereka berdua, terkadang di panggil “Beb” atau “Beb Kecil”, artinya sayang dan kadang juga seperti nama panggilan saya biasa, yaitu “Dian” saja (Fransiska Siagian dan Nella Ginting). Ada teman saya yang memanggil nama saya sesuai nama saya di sosial media/BBM, yaitu “Diantik” yang kepanjangannya adalah Dian Cantik (Fenny Utari), terkadang di panggil “Sahabat” atau “Beb” , karena kami satu kelompok pada saat OPAL dan dekat (Fenny Utari dan Reni Fitriani). Ada yang memanggil saya dengan sebutan “Mbel” karena berawal dengan saya memanggilnya dengan sebutan gembel, teman saya tersebut juga ikut-ikutan memanggil saya dengan sebutan seperti itu (Sherly Andriani). Teman-teman wanita saya lainnya, kadang memanggil nama saya dengan nama panggilan biasa, yaitu “Dian” saja, tetapi kadang juga seperti nama panggilan Ayah saya terhadap saya, yaitu “Kak Dian”, saya tidak tahu mengapa, padahal belum tentu saya berumur paling tua dari mereka semua. Sedangkan dengan teman-teman pria saya, nama panggilan saya dipanggil seperti biasa, yaitu “Dian” saja.



DAFTAR RUJUKAN
Asal-usul nama dan arti nama Dian. Dari aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Arti nama Dianty Siallagan. Aplikasi Nametest, (Online), (http://id.what-character-are-      you.com/, diakses pada tanggal 30 Juni 2015 pukul 20:19  WIB).
Arti nama Dianty Siallagan. Aplikasi Nametest, (Online), (http://www.Ramalannama.com/            dianty-siallagan, diakses pada tanggal 30 Juni 2015 pukul 21:33 WIB).
Nama panggilan “Bidadari Buleque”. Muhammad Putra. (Teman lelaki Dianty Siallagan   sewaktu duduk di bangku SMP).
Nama panggilan “Boru Lagan”. Ibu Andro, dkk. (Ibu-ibu tetangga Dianty Siallagan         sewaktu berdomisili di Sosok, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat).
Nama panggilan “Dek Anty”. Helmi, dkk. (Teman-teman wanita Dianty Siallagan sewaktu           kecil).
Nama panggilan “Dian”. Ester  Karlina Riana Panggabean, dkk. (Teman-teman wanita     Dianty Siallagan sewaktu duduk di bangku SMP).
Nama panggilan ”Dian”. Ida Dermawati Agustua Sinaga. (Ibu dari Dianty Siallagan).
Nama panggilan “Diantek, Diantong, Kocik, Gelleng, Beb, Beb Kecil dan Dian”. Dewi     Fransiska Siagian dan Nella Risa Ginting. (Teman wanita Dianty Siallagan di         Perguruan Tinggi Negeri Universitas Bengkulu, Program Studi Ilmu Kelautan).
Nama panggilan “Diantik - Dian Cantik”. Fenny Utari. (Teman wanita Dianty Siallagan di           Perguruan Tinggi Negeri Universitas Bengkulu, Program Studi Ilmu Kelautan).
Nama panggilan “Dik”. Hana Virginia. (Teman wanita Dianty Siallagan sewaktu duduk di           bangku Kelas X SMA).
Nama panggilan “Kak Dian” atau “Kakak Dian”. Bernard Oloan Siallagan. (Ayah dari    Dianty             Siallagan).
Nama panggilan “Mbel”. Sherly Andriani. (Teman wanita   Dianty Siallagan di Perguruan            Tinggi Negeri Universitas Bengkulu, Program Studi Ilmu Kelautan).
Nama panggilan “Sahabat” dan “Beb”. Fenny Utari dan Reni Fitriani. (Teman wanita      Dianty Siallagan di Perguruan Tinggi Negeri Universitas Bengkulu, Program Studi        Ilmu Kelautan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar